Tugas 1 :
Kelompok
Buatlah suatu
studi kasus untuk membedah sebuah perusahaan, dengan menerapkan prinsip-prinsip
POAC : Planning, Organizing, Actuating, and Controlling.
Nama Perusahaan : PT Crooz Internasional
Alamat : Jalan
Duren Tiga Raya No. 37 Jakarta Selatan
Bidang Usaha : Retail
Berdiri Sejak : 2003 - Sekarang
Jumlah Karyawan : 27 Orang
Cabang : Duren Tiga
Planning
- Bagaimana perusahaan tsb dalam membuat budgeting?
( Pembuatan laporan berapa barang yang akan diproduksi dan apa saja
yang akan
Diproduksi )
- Bagaimana perusahaan tsb dalam membuat Man Power Planning?
(Mencari karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, memantau
kinerja karyawan
Dengan membuat laporan setiap bulannya)
- Bagaiman untuk pengembangan bisnis 3 sd 5 tahun kedepan?
(Terus berinovasi dengan produk produk yang baru .
Meningkatkan kualitas terbaik kepada konsumen)
- Apa visi dan misi yang ada di dalam perusahaan tersebut?
Visi :
menjadi sebuah perusahaan distro yg maju dan kreatif dalam mengeluarkan setiap desain dan barangnya.
Misi :Menjual produk berkualitas.Tidak ingin menjual desain – desain yang berbau pornografi, exploitasi gambar wanita, minuman keras, judi, narkoba ( kalau promosi anti narkoba,anti judi masih boleh).Tidak boleh ada tulisan yang melecehkan sang Maha Pencipta seperti music is religion dsb. .Kita ingin bebas dan berkreasi yang positif.Bersynergi dengan distro dan clothing company lain untuk menekan biaya operasional dan promosi.Membuka lapangan pekerjaan dan mensejahterakan pengusaha dan karyawan
Misi :Menjual produk berkualitas.Tidak ingin menjual desain – desain yang berbau pornografi, exploitasi gambar wanita, minuman keras, judi, narkoba ( kalau promosi anti narkoba,anti judi masih boleh).Tidak boleh ada tulisan yang melecehkan sang Maha Pencipta seperti music is religion dsb. .Kita ingin bebas dan berkreasi yang positif.Bersynergi dengan distro dan clothing company lain untuk menekan biaya operasional dan promosi.Membuka lapangan pekerjaan dan mensejahterakan pengusaha dan karyawan
Organizing
- Gambarkan struktur organisasi di perusahaan tsb! Apakah
struktur organisasi yang ada sekarang sudah efektif? Apabila ya jelaskan
mengapa? Apabila belum, apa upaya efisiensi / restrukturisasinya?
SHOP HOLDER
-
M.PRADHITYA
-
ARIANA RETNO
-
SETO NUGROHO
KOMISARIS
-
FRIMA MP
DIREKTUR
-
ARIANA
GM ( SALES
MARKETING )
-
ERIK KOESWARA
Manager Mail order International
Affair
Supervisor customer service
Stockroom Wholesale, Distribution
Shop assistant Account Executive
GM ( SALES
OPRATING PROMOTION )
-
SETO NUGROHO
Brand
Development
(creative,Art dept)
Finance
Marketing
(Online Content)
Admin IT
Promo Event
HRD
General Affair
Sudah berjalan
dengan cukup maksimal, karna setiap job desk sudah ada tanggung jawabnya masing
masing dan dikontrol setiap bulannya.
- Jelaskan deskripsi pekerjaan yang ada dalam struktur tersebut!
-
Manager = Kepala
Perusahaan
-
Supervisor =
Penanggung Jawab Shophouse ( toko )
-
Stockroom =
Penanggung Jawab Gudang
-
Shop Assistant = Shopkeeper ( Penjaga Toko )
-
Mail Order = Penanggung Jawab Pemesanan
Online
-
Customer Service = Penanggung Jawab Pengaduan Customer
-
Wholesale = Penanggung Jawab Penjualan
Untuk Reseller
-
International Affair = Penanggung Jawab Oprasional Perusahaan
-
Account Executive = Penanggung Jawab Keseluruhan
-
Brand Development = Produksi , Creator Produk, Vendor
-
Finance Marketing = Penanggung Jawab Keuangan
-
Admin IT = Penanggung Jawab Teknisi Komputer
-
Promo Event = Penanggung Jawab promosi Dan
Acara
-
HRD = Penanggung Jawab SDM
-
General Affair = Penanggung Jawab Oprasional
Perusahaan
- Metode apa yang digunakan untuk melakukan pemetaan karyawan?
( Dari awal penerimaan karyawan kita
tempatkan di shophouse setelah itu
Kita lihat kinerja karyawan dan apabila ada
jobdesk yang sesuai akan kita tempatkan
Di jobdesk tersebut)
Actuating
- Bagaimana cara mengaplikasikan visi dan misi yang dimiliki
perusahaan tersebut?
( Memberikan kesejahteraan karyawan)
- Bagaimana cara menilai kinerja karyawan? Metode apa saja yang
digunakan?
( Pengontrolan absensi, penilaian kerapihan, dan menjalankan SOP (
Standar Oprasional Prosedur ))
- Apabila dalam implementasinya terjadi kesalahan/penyimpangan
dalam organisasi, tindakan apa yang dilakukan? Apakah sudah pernah ada
kasus semacam itu? Ceritakan!
( Pemecatan langsung pada karyawan karena terjadi kehilangan yang
diambil oleh karyawan tersebut)
Controlling
- Bagaimana pengendalian semua proses dalam organisasi?
( Laporan bulanan apa saja yang telah dikerjakan oleh karyawan)
- Apakah audit dilakukan berkala? Apa saja yang diaudit?
( Ya, dilakukan secara berkala audit barang setiap bulan dan audit
keuangan setiap tahun)
- Bagaimana mengontrol bahan baku / layanan terhadap customer?
( Melalui QC (quality control) melakukan pengecekan sebelum barang
dijual yang dilakuakn oleh bagian produksi dan gudang )
- Bagaimana mengelola ketersediaan bahan baku ?
( Selalu control 3 bulan sebelum produksi )
- Bagaimana mengelola insfrasutuktur kantor agar lebih efektif
dan efisien?
( Seluruh karyawan membantu memelihara infrastruktur agar semua
terjaga dengan baik, memberikan fasilitas seperti mini rampt tempat main skate
untuk umum , dan bangku taman untuk umum)
No comments:
Post a Comment