Friday, November 20, 2015

TUGAS WAWANCARA PSIKOLOGI MANAGEMEN

Tugas 1 : Kelompok

Buatlah suatu studi kasus untuk membedah sebuah perusahaan, dengan menerapkan prinsip-prinsip POAC : Planning, Organizing, Actuating, and Controlling.

Nama Perusahaan        : PT Crooz Internasional

Alamat                         : Jalan Duren Tiga Raya No. 37 Jakarta Selatan

Bidang Usaha             : Retail

Berdiri Sejak               : 2003 - Sekarang

Jumlah Karyawan       : 27 Orang

Cabang                        : Duren Tiga

Planning

  1. Bagaimana perusahaan tsb dalam membuat budgeting?
( Pembuatan laporan berapa barang yang akan diproduksi dan apa saja yang akan
Diproduksi )

  1. Bagaimana perusahaan tsb dalam membuat Man Power Planning?
(Mencari karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, memantau kinerja karyawan
Dengan membuat laporan setiap bulannya)

  1. Bagaiman untuk pengembangan bisnis 3 sd 5 tahun kedepan?
(Terus berinovasi dengan produk produk yang baru .
Meningkatkan kualitas terbaik kepada konsumen)

  1. Apa visi dan misi yang ada di dalam perusahaan tersebut?
 Visi :
menjadi sebuah perusahaan distro yg maju dan kreatif dalam mengeluarkan setiap desain dan barangnya.
Misi :Menjual produk berkualitas.Tidak ingin menjual desain – desain yang berbau pornografi, exploitasi gambar wanita, minuman keras, judi, narkoba ( kalau promosi anti narkoba,anti judi masih boleh).Tidak boleh ada tulisan yang melecehkan sang Maha Pencipta seperti music is religion dsb.  .Kita ingin bebas dan berkreasi yang positif.Bersynergi dengan distro dan clothing company lain untuk menekan biaya operasional dan promosi.Membuka lapangan pekerjaan dan mensejahterakan pengusaha dan karyawan

Organizing
  1. Gambarkan struktur organisasi di perusahaan tsb! Apakah struktur organisasi yang ada sekarang sudah efektif? Apabila ya jelaskan mengapa? Apabila belum, apa upaya efisiensi / restrukturisasinya?


SHOP HOLDER
-          M.PRADHITYA
-          ARIANA RETNO
-          SETO NUGROHO

KOMISARIS
-          FRIMA MP

DIREKTUR
-          ARIANA

GM ( SALES MARKETING )
-          ERIK KOESWARA
Manager                      Mail order                               International Affair
Supervisor                   customer service
Stockroom                   Wholesale, Distribution
Shop assistant             Account Executive


GM ( SALES OPRATING PROMOTION )
-          SETO NUGROHO

Brand Development
(creative,Art dept)
Finance Marketing
(Online Content)
Admin IT
Promo Event
HRD
General Affair

Sudah berjalan dengan cukup maksimal, karna setiap job desk sudah ada tanggung jawabnya masing masing dan dikontrol setiap bulannya.



  1. Jelaskan deskripsi pekerjaan yang ada dalam struktur tersebut!

-          Manager                      = Kepala Perusahaan
-          Supervisor                   = Penanggung Jawab Shophouse ( toko )
-          Stockroom                   = Penanggung Jawab Gudang
-          Shop Assistant            = Shopkeeper ( Penjaga Toko )
-          Mail Order                  = Penanggung Jawab Pemesanan Online
-          Customer Service        = Penanggung Jawab Pengaduan Customer
-          Wholesale                    = Penanggung Jawab Penjualan Untuk Reseller
-          International Affair     = Penanggung Jawab Oprasional Perusahaan
-          Account Executive     = Penanggung Jawab Keseluruhan

-          Brand Development    = Produksi , Creator Produk, Vendor
-          Finance Marketing      = Penanggung Jawab Keuangan
-          Admin IT                    = Penanggung Jawab Teknisi Komputer
-          Promo Event               = Penanggung Jawab promosi Dan Acara
-          HRD                           = Penanggung Jawab SDM
-          General Affair             = Penanggung Jawab Oprasional Perusahaan

  1. Metode apa yang digunakan untuk melakukan pemetaan karyawan?
( Dari awal penerimaan karyawan kita tempatkan di shophouse setelah itu
 Kita lihat kinerja karyawan dan apabila ada jobdesk yang sesuai akan kita tempatkan
Di jobdesk tersebut)


Actuating
  1. Bagaimana cara mengaplikasikan visi dan misi yang dimiliki perusahaan tersebut?
( Memberikan kesejahteraan karyawan)

  1. Bagaimana cara menilai kinerja karyawan? Metode apa saja yang digunakan?
( Pengontrolan absensi, penilaian kerapihan, dan menjalankan SOP ( Standar Oprasional Prosedur ))

  1. Apabila dalam implementasinya terjadi kesalahan/penyimpangan dalam organisasi, tindakan apa yang dilakukan? Apakah sudah pernah ada kasus semacam itu? Ceritakan!
( Pemecatan langsung pada karyawan karena terjadi kehilangan yang diambil oleh karyawan tersebut)

Controlling
  1. Bagaimana pengendalian semua proses dalam organisasi?
( Laporan bulanan apa saja yang telah dikerjakan oleh karyawan)

  1. Apakah audit dilakukan berkala? Apa saja yang diaudit?
( Ya, dilakukan secara berkala audit barang setiap bulan dan audit keuangan setiap tahun)

  1. Bagaimana mengontrol bahan baku / layanan terhadap customer?
( Melalui QC (quality control) melakukan pengecekan sebelum barang dijual yang dilakuakn oleh bagian produksi dan gudang )

  1. Bagaimana mengelola ketersediaan bahan baku ?
( Selalu control 3 bulan sebelum produksi )

  1. Bagaimana mengelola insfrasutuktur kantor agar lebih efektif dan efisien?

( Seluruh karyawan membantu memelihara infrastruktur agar semua terjaga dengan baik, memberikan fasilitas seperti mini rampt tempat main skate untuk umum , dan bangku taman untuk umum)

No comments:

Post a Comment